Rabu, 12 Desember 2012

Resensi Buku : The Hunger Games



THE HUNGER GAMES
Pengarang: Suzanne Collins
Tebal: 407 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Amerika Utara musnah, berganti menjadi Panem yang terdiri dari 12 distrik dan diperintah oleh Capitol. Setiap tahun, Capitol menyelenggarakan Hunger Games, sebuah ritual tahunan yang menjadi pengingat ke-12 distrik untuk tidak berani menentang mereka. Syaratnya sederhana, masing-masing distrik diharuskan mengirim sepasang remaja laki-laki dan perempuan untuk bertarung di sebuah arena dan acara ini ditayangkan secara nasional. Hanya ada satu pemenang. Tujuannya adalah membunuh atau dibunuh.
Ketika nama sang adik, Primrose, terpilih menjadi perwakilan untuk Hunger Games ke-74, Katniss Everdeen maju untuk menggantikan. Namun, yang tidak disangka oleh Capitol adalah bahwa Hunger Games kali ini akan menjadi pertarungan yang tidak akan pernah dilupakan oleh Capitol.
Banyak yang menyamakan The Hunger Games dengan Battle Royale. Namun, kesamaan ini hanya dari bentuk pertarungannya yang mengumpulkan para peserta dalam satu arena untuk kemudian saling membunuh hingga hanya satu yang tersisa. Sementara, dari segi cerita, tema keseluruhan, dan karakterisasi jelas berbeda jauh.
Suzanne Collins sendiri berhasil menyajikan kisah yang menarik dengan karakter yang akan membuat pembaca bersimpati. Ditambah dengan aksi yang menegangkan, rasanya buku ini akan sulit dilepaskan begitu kita mulai membaca halaman pertama. Namun, Collins kurang menyorot perasaan ‘takut mati’ yang seharusnya muncul ketika seseorang dihadapkan pada kenyataan bahwa ia berada di satu arena dengan pilihan membunuh atau dibunuh. Para karakter terasa seperti mengikuti permainan biasa yang hukuman akhirnya hanyalah pulang kembali ke rumah. Namun, kekurangan ini sendiri tidak terlalu mempengaruhi cerita sehingga kita tetap dapat mengikuti jalinan kisahnya.
Buku ini sendiri sudah diadaptasi ke layar lebar dan dirilis 23 Maret 2012. Jennifer Lawrence (X-Men: First Class) berperan sebagai Katniss Everdeen, Josh Hutcherson (Journey 2: The Mysterious Island) sebagai Peeta Mellark, dan Liam Hemsworth (The Last Song) sebagai Gale. 

0 komentar:

Poskan Komentar