Sabtu, 22 September 2012

Negara Perancis




Negara ini dikenal dengan sebutan negeri Mode Dunia. Ibukota Perancis adalah Paris yang disebut kota cahaya. Perancis terkenal sebagai Negara mode di dunia dan memiliki salah satu keajaiban dunia yaitu Menara Eifel yang terletak di Kota Paris. Negara ini juga terkenal di bidang kuliner, anggur, music, seni, kereta api supercepat TGV, resor-resor sky di Pegunungan Alpen dan pusat pusat wisata lainnya. Sektor pariwisata menyumbangkan devisa yang sangat besar bagi Negara ini.
Perancis merupakan Negara tertua ke tiga di dunia setelah Ethiopia dan San Marino. Di bidang ekonomi, Negara ini memiliki tingkat kestabilan ekoonomi ke 4 dan kekuatan militernya nomor 6 di dunia. Panorama metropolitan Perancis sangat beragam. Di bagian utara, dan barat terdapat pesisir pantai sedangkan di bagian tenggara terdapat Pegunungan Alpen dan Pegunungan Pirenia di bagian barat daya. Daerah dataran tinggi lainnya adalah Massif Central, Pegunungan Jura, Vosges dan Pegunungan Arden. Di Alpen Perancis, terdapat Mount Blanc (4810) dan merupakan titik tertinggi di Eropa Barat. Sungai-sungai terkenal di Perancis antara lain Sungai Loire, Sungai Rhone, Sungai Garonne dan Sungai Siene. Prancis dapat dikatakan sebuah negeri dengan panorama, budaya, dan tempat wisata eksotis di dunia.
Gambaran umum negara Perancis
1. Luas wilayah : 557.670KM2.
2. Letak astronomis : 420 LU-510 LU dan 50 BB-80 BT.
3. Letak geografis : Terletak di wilayah Eropa barat.
4. Batas-batas : Utara adalah Selat Chanel, Belgia, Jerman, dan Luxemburg. Timur adalah Jerman, Swis, dan Italia. Selatan adalah Spanyol, Andora, dan Laut tengah. Barat adalah Samudera Atlantik.
5. Bentang alam : Dapat dibagi menjadi beberapa bagian.
a. Tanah tinggi purba.
b. Lipatan pegunungan muda.
c. Dataran rendah.
d. Lembah sungai Roun dan pantai Laut tengah.
6. Iklim : Laut sedang.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 2001, jumlah penduduknya sebesar 59.200.000 jiwa. Kepadatannya 106 jiwa/KM2. Pertumbuhan penduduknya 0,4% per tahun. Sebagian besar penduduk Perancis tinggal di Kota besar seperti Paris yang merupakan kota metropolitan Perancis. Sebagian besar penduduk Perancis adalah orang Perancis, kelompok eknis lainnya adalah orang imigran yang mencari pekerjaan. Mereka dating dari Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia.

0 komentar:

Posting Komentar